Perkuliahan

Strategi Pembelajaran yang digunakan pada Program Studi Hubungan Internasional terdiri atas Metode Pembelajaran dan Media Pembelajaran.

  • Metode Pembelajaran

Metode pengajaran pada Program Studi Hubungan Internasional disesuaikan dengan tujuan pengajaran yang telah dibakukan sebagai tujuan pengajaran program dengan pokok bahasan matakuliah yang telah dirumuskan sesuai dengan tujuan program yang dipadukan dengan minat dan kebutuhan mahasiswa.

Secara umum metode pengajaran pada Program Studi Hubungan Internasional terdiri atas ceramah, diskusi, seminar, penulisan risalah atau makalah, resensi buku, penulisan jurnal mingguan, pembacaan pustaka dan karya ilmiah terkait. Selain metode pengajaran di kelas, studi HI juga menerapkan metode pengajaran di luar kelas, pengamatan langsung dan praktek lapangan, contohnya praktek penelusuran informasi lmiah di perpustakaandan internet.

Kuliah-kuliah yang diselenggarakan dalam temu tatap muka secara formal dan terjadwal di kelas-kelas dimaksudkan untuk membekali mahasiswa berbagai informasi keilmuan kontemporer lewat ceramah-ceramah paradosen, diskusi interaktif, dan pembelajaran mandiri (self learning). Maksud serupa diupayakan juga melalui pemberian bacaan-bacaan tambahan. Berbagai alat peraga mulai dari slide hingga naskah dimungkinkan guna memudahkan para mahasiswa memahami materi yang disajikan. Diskusi dan kesempatan Tanya jawab selalu diupayakan hidup dalam setiap pertemuan. Demi kepentingan ini kelas akan dibagi dalam sub-sub kelompok tugas atau kelompok diskusi.

Demi meningkatkan pemahaman, tiap-tiap mahasiswa didorong untuk membiasakan diri membaca buku-buku dan karya ilmiah rujukan terkait. Sejalan dengan upaya-upaya membaca, para mahasiswa pun diwajibkan berlatih mengkomunikasikan gagasan-gagasannya secara lisan maupun tertulis melalui forum-forum diskusi berbasis makalah hasil karya mereka. Untuk membiasakan mahasiswa mengkomunikasikan gagasan secara tertulis, beberapa matakuliah selain mensyaratkan makalah dan review juga menambahkan jurnal mingguan sebagai bagian dari syarat kelulusan.

Aneka metode pengajaran di atas nantinya diharapkan bermuara pada peningkatan kemampuan mahasiswa untuk memahami dan merumuskan secara kritis, logis, sistematis dan analitis pengetahuan maupun pemikiran mereka miliki baik secara lisan maupun tulisan.

  • Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan di Program Studi Hubungan Internasional antara lain adalah :

  1. White Board, digunakan untuk menjelaskan gambar dan atau konsep tambahan yang tidak tersajikan didalam slide
  2. Laptop, tablet, PC komputer, proyektor LCD dan alat pengeras suara (audio visual), digunakan agar materi yang disajikan menjadi lebih variatif dan menarik secara visual.
  3. Pembelajaran jarak jauh melalui media LMS berbeasis Moodle yaitu Airlangga University e-Learning Aplication (aula.unair.ac.id)

Pada intinya media-media tersebut digunakan untuk mempermudah proses perkuliahan dan penyampaian ilmu kepada mahasiswa serta kegiatan diskusi di kelas.